Empat Faktor yang Membuat 2NE1 Melejit

Bisa dibilang dominasi K-pop saat ini dipegang grup perempuan, seperti bisa dilihat dari nama-nama yang mendominasi daftar lagu 100 terpanas versi Billboard. Sistar, T-ara, Davichi, dan 2NE1 (Baca: to anyone). Dari nama-nama ini, 2NE1 yang paling unggul.

Tidak hanya satu single, tiga single grup jebolan YG Entertainment ini berada di dalam daftar lagu tersebut. Yaitu: “Ugly”, “I Am The Best”, dan “Hate You”. Dominasi 2NE1 juga tidak hanya di soal penjualan album. Tiket konser tunggal mereka di Seoul selama tiga hari akhir Agustus kemarin laku keras.

Yang unik dari grup yang terdiri dari CL, Bom, Dara dan Minzy ini adalah mereka jarang tampil di acara televisi yang kini semakin menjamur. Akibat pertikaian KBS dan YG Entertainment di masa lalu, penampilan 2NE1 di acara musik pun praktis tidak bisa sebanyak Super Junior misalnya, pada saat promosi musik baru, karena grup praktis tidak akan tampil dalam acara musik KBS (Music Bank).

Namun, apa yang membuat 2NE1 melejit? Ada beberapa faktor , yaitu :

1. Kesan eksklusif

Karena jarang tampil di acara televisi (hanya waktu tertentu saja), 2NE1 justru terkesan eksklusif dan berkelas. Jika ingin melihat keseharian grup, satu- satunya jalan adalah memantengi 2NE1 TV di Mnet yang kini sudah mencapai musim ketiga.

Pihak manajemen artis pun dengan cerdas menggunakan cara lain untuk meningkatkan popularitas didikan mereka, yaitu melalui iklan. Grup yang terpilih sebagai artis terbaik di MAMA (Mnet Asia Music Awards) tahun lalu di Makau ini sering sekali tampil sebagai bintang iklan telekomunikasi. Lagu mereka pun sering kali menjadi lagu iklan telepon seluler.

2. Kostum unik

Sejalan dengan prinsip manajemen, 2NE1 adalah grup yang sangat mengandalkan kemampuan vokal dan musikalitas mereka. Dibanding grup perempuan lainnya, tampang keempat anggota tidak terlalu menonjol. Mungkin hanya Sandara Park yang paling cantik. Itu pun karena ia sempat menjadi model di Filipina.

Untuk menutupi hal ini, pemilik YG, Yang Hyun Suk mengambil strategi menonjolkan profil keempat anggota 2NE1 seperti kartun. Kostum dan dandanan wajah mereka selalu menampilkan terobosan baru yang unik dan mirip karakter manga (komik Jepang). Bahkan di beberapa teaser dan sampul single pun, tampang mereka ditampilkan dalam bentuk kartun (“I Am The Best”). Tak tanggung-tanggung juga dalam soal pencitraan ini, perancang kondang Jeremy Scott digaet untuk mendandani mereka.

3. Lirik khas

Salah satu kekuatan dari 2NE1 dari awal adalah kecanggihan mereka menggunakan frasa-frasa unik. Lihat saja dari nama grup mereka. Lalu lagu hit mereka selalu memiliki frasa yang mudah diingat atau dinyanyikan.

“I Don’t Care” mengumandangkan “e e e” di setiap pengucapan seperti saat Rihanna melantunkan “Umbrella”. Lalu, “I Am The Best” yang dibagian refrain “Naega Jeil Jal Naga” (judul dalam bahasa Korea) yang diucapkan berulang-ulang kali. Dikawinkan dengan musik bergaya reggae, sulit untuk tidak ikut menyenandungkan kata itu berulang-ulang.

4. Bahasa Inggris bagus

Selain lirik khas, yang membuat 2NE1 terasa sebagai grup internasional adalah kemampuan mereka melafalkan lirik bahasa Inggris dengan benar. Ini bisa didengar saat Bom menyanyikan “Lonely”. Tidak lagi terdengar dialek Kongrish.

Semua penggemar K-pop sudah maklum jika para idolanya mempunyai kesulitan dan kadang terlihat seperti fobia atau takut berbahasa Inggris. Hanya penyanyi atau anggota grup yang pernah tinggal/sekolah di luar negeri yang menjadi pengecualian. Pengucapan lirik bahasa Inggris dilakukan dengan baik membuat lagu-lagu 2NE1 semakin nikmat untuk didengar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s